Ronsen's Blog

K-Meleon

Tuesday, January 9, 2007

Firefox tetap menjadi browser favorit saya. Tetapi sejak versi 1.5 Firefox lebih terkenal karena memakan memori yang super gede ketimbang tab-browsingnya. Dan sampai versi 2.0 yang saya gunakan saya tetap tidak menemukan adanya perbaikan untuk masalah yang satu ini. Jangan salah, saya juga sudah mengubah browser.cache.memory.capacity seperti yang disarankan para ahli.

Biasanya setelah saya membuka layanan email gratis seperti Gmail dan Yahoo! Mail Beta yang menggunakan Ajax pada tampilan halaman mereka membuat Firefox menjadi gendut. Ditambah lagi webmail di kantor saya menggunakan Zimbra menambah kerja Firefox menjadi lebih gila. Bisa-bisa setelah beberapa lama saya tidak menutup Firefox memori saya akan habis dimakan sama dia.

Sebagai browser alternatif saya mencoba menggunakan K-Meleon. Sama seperti Firefox, K-Meleon menggunakan Gecko sebagai engine-nya. Setelah beberapa waktu tetap setia menggunakan browser ini untuk membuka website-with-Ajax, saya tidak menemukan adanya memory leak pada software ini.