Ronsen's Blog

Gutsy Gibbon & Eclipse Europa

Thursday, November 8, 2007

Apa hubungan antara Gutsy Gibbon dan Eclipse Europa? Tidak ada. Gutsy Gibbon sebuah sistem operasi yang saya gunakan sehari-hari di tempat kerja saya dan Eclipse Europa adalah editor kesayangan saya sejak hari ini. Kenapa?

Sebentar, sebelum bicara banyak tentang Eclipse, saya sekalian memberitahukan kalau beberapa jam yang lalu CD Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) sudah saya terima dan saya masih membayar 3000 rupiah kepada pak pos. Walaupun begitu saya sudah menggunakan Ubuntu 7.10 sejak 2 minggu kemaren.

Dan sekarang bicara tentang Eclipse Europa (Eclipse 3.3), pertanyaan pertama yang muncul di kepala saya adalah mengapa versi terbaru ini lebih berat dari versi sebelumnya? Dan kedua, fitur "Restart Server" dihilangkan dari tab Server sehingga ini menambahkan kerja saya harus mengklik "Stop" dan "Start" setiap kali saya harus me-restart Tomcat. Tapi untung fitur ini akhirnya muncul kembali setelah meng-update Eclipse selama 4 jam dengan koneksi 3G? Dooohhh...

Dan kemaren dalam waktu kurang dari 30 menit saya harus me-restart Eclipse sebanyak 4 kali karena crash. Error ini diakibatkan oleh proses auto complete saat saya sedang meng-edit beberapa baris kode di JSP. Untuk menghindari crash yang berkelanjutan saya harus men-disable auto activation dari menu Window > Java > Editor > Content Asisst > Enable auto activation. Dan sekarang saya dapat menulis program tanpa gangguan. Fiuh...