Ronsen's Blog

Wine yang Memabukkan

Sunday, November 11, 2007

Akhirnya saya mencoba juga menggunakan Wine di Ubuntu. Dengan menggunakan Wine kita bisa menggunakan program Windows di lingkungan Linux. Tapi jangan terlalu gembira tidak semua kita harapkan selalu dikabulkan oleh Wine.

Ketertarikan saya ingin mencoba Wine karena ingin menjalankan SQLyog, sebuah tool untuk memudahkan kita menggunakan MySQL. Karena tidak ada program sebaik ini saya temukan di Linux. Saya sudah mencoba menggunakan phpMyAdmin, MySQL Navigator, SQuirrel SQL Client, dan MySQL Query Browser tapi tetap tidak memuaskan.

Seperti yang saya sebut sebelumnya jangan berharap semua aplikasi jalan di Wine. Dan lebih penting lagi jangan jalankan aplikasi tidak penting di Linux biarpun bisa. Misalnya saja anda ingin mencoba menggunakan Borland Delphi atau Visual Basic jalan di Linux. Pertanyaannya adalah untuk apa? Kedua compiler tersebut digunakan untuk Windows dan harus tetap di Windows karena digunakan membangun aplikasi yang jalan hanya di Windows. Jika pun anda hanya sekedar iseng mencoba menjalankan aplikasi tersebut lebih baik keisengan anda dialihkan dengan mencoba menjalankan aplikasi gim-gim seperti Counter Strike?

Ya udah, yuk bikin dosa, guys?