Ronsen's Blog

Top 5 Favorites Firefox Addons

Thursday, December 6, 2007

Firefox buat saya bukan sekedar software untuk menjelajah dunia internet tapi lebih dari itu, Firefox adalah sebuah tool debugging dalam pekerjaan saya.

Setelah bertahun-tahun mengembangkan aplikasi web ternyata saya menyadari Firefox selama ini tidak saya gunakan untuk kebutuhan browsing tetapi lebih untuk debugging. Sedangkan untuk browsing saya menggunakan Netscape Navigator, Flock, atau SeaMonkey. Netscape 9 adalah Firefox dengan baju yang berbeda dan Flock "The Social Browser" saya gunakan untuk ngeblog, Facebook, Flickr, dan ngetwit. :)

Dan inilah 5 pengaya firefox favorit saya:
  1. Web Developer
    Addon yang satu ini saya nobatkan sebagai addon terbaik. Dari mulai men-disable JavaScript, view CSS, dan kesukaan saya Display Form Details. Ada banyak lagi fungsi lain yang sangat berguna untuk dicoba satu per satu.
  2. Firebug
    Addon ini saya gunakan untuk men-debug JavaScript karena JavaScript itu mimpi buruk buat saya. Apalagi kalau sudah mulai memrogram aplikasi AJAX. Siap-siap menangis di pojokan dan anda sadar tak ada teman programmer anda siap membantu.
  3. CSSViewer
    Addon ini menampilkan informasi CSS dari sebuah element. Sangat berguna.
  4. View Dependencies
    Biasanya saya gunakan untuk melihat jika ada resources lupa saya upload seperti berkas-berkas CSS atau sebuah gambar ikon tertinggal.
  5. Duplicate Tab
    Addon ini hanya menduplikat tab yang aktif. Menghemat waktu daripada harus mengetik atau sekedar copy/paste URL.

Jika ada addon lain yang sering kamu gunakan untuk debugging aplikasi web, just let me know!