Ronsen's Blog

Pendidikan Dini

Monday, January 28, 2008

Ada kejadian menarik yang terjadi di akhir minggu ini. Saya berkunjung ke rumah teman saya yang hampir 4 tahun tidak ketemu. Di antara teman-teman sepermainan saya dulu hanya dia yang saya tahu yang sudah mempunyai seorang anak. Umurnya 2 tahun 8 bulan. Seorang balita yang masih kecil tapi sangat cerdas. Sementara anak-anak lain masih belajar berbicara dia sudah bisa membaca. Tidak hanya itu bahasa Inggris pun dia sudah paham. Hmm.. diberi makan apa yah dia? :D

Seingat saya, sekolah bukan tempat menyenangkan. Bukan tempat belajar tetapi tempat dimana anak-anak diberi PR dan PR. Tidak pernah diajarkan untuk berpikir berbeda. Belum lagi guru-gurunya seperti monster jika anak muridnya melakukan kesalahan. Yah itu begitulah keadaan saya sewaktu sekolah dulu.

Peranan orang tua sepertinya sangat penting dalam perkembangan pola pikir anak. Saya kagum melihat rumah teman saya ini, dipenuhi buku-buku yang seharusnya dikonsumsi oleh murid TK. Tidak hanya itu pendidikan tentang seks juga sudah diterapkan dalam keluarga tersebut. Perbedaan tubuh laki-laki dan wanita penting untuk diketahui oleh anak-anak. Karena percayalah yang punya pikiran kotor itu orang dewasa bukan balita. :D

Halah, postingan ini kok sepertinya saya ingin punya anak. :P