Ronsen's Blog

maraknya aliran sesa(a)t

Tuesday, April 22, 2008

gua selalu heran melihat munculnya aliran-aliran baru terutama di indonesia. munculnya agama itu termasuk tren sesa(a)t apa emang sebuah fenomena? mungkin agama baru tersebut mempelajari sebuah agama di trunk dan membuat branch biar gak konflik dengan yang ada tapi karena lupa untuk nge-merge agama baru tersebut akhirnya bertambah luas dan menjadi jauh dengan agama yang di trunk.

nah yang lebih keren lagi agama external, gak cukup dari satu trunk aja. karena terlalu pintar atau karena gak cukup hanya mem-fork satu agama, dia mencomot dari agama lain entah itu satu biji atau beberapa biji. jadinya kalo dibayangkan akan tampak powerful dan sangat fleksibel karena agama baru tersebut sangat pluggable dan kalo suatu saat ada agama baru gak terlalu sulit untuk ditempelkan.

ok karena sudah menjadi kesepakatan umum kalau semua agama katanya sih sama saja. sama-sama mengajarkan kebaikan dan gak suka emosian bawa-bawa pentungan kayak hansip makanya agama yang branch tersebut otomatis pasti mengajarkan kebaikan. tunggu dulu, saat agama yang ditrunk meng-update repositorinya kagetlah mereka karena ternyata ada beberapa ajaran-ajaran baru yang bermunculan dan membuat sistem mereka gak jalan. di sinilah akhirnya agama-agama konflik bahkan sampai anarkis segala.

first thing first, kanapa orang masih butuh agama untuk berbuat baik? agama itu kan jalan supaya masuk surga gak ada lho sangkut pautnya supaya seseorang itu berbudipekerti atau biar tampak keren. kalo emang mau masuk surga pilih jalan yang benar. yang mana? yang pasti hanya ada satu jalan. tuhan kok plin-plan amat bikin agama banyak-banyak. cari yang benar deh. coba sekali-lagi periksa di tag kali aja versi orisinilnya masih ada.