Ronsen's Blog

Kenapa Java

Tuesday, February 10, 2009

Setelah menginstall Java sekarang kita mau kemana? Kalo sekedar ingin melihat demonya langsung saja buka %JAVA_HOME%/demo/jfc. Di situ tersedia beberapa aplikasi yang dapat langsung dijalankan. Biasanya setiap Java mengeluarkan Java Development Kit yang baru saya langsung mencoba-coba demo ini. Dan saat ini kita sudah bisa menikmati Nimbus Look and Feel dengan mengunduh Java SE Update N.

Tidak ada alasan khusus saya menggunakan Java. Hanya pilihan random dari beberapa bahasa pemrograman yang sudah ada. Semua orang pasti mulai dari awal sebelum terjun ke dunia nyata pemrograman. Kebetulan saya menggunakan Pascal di bangku kuliah kemudian beralih ke C/C++. Setelah itu mencoba-coba Delphi dan membuat aplikasi berbasis window kemudian tertarik dengan pemrograman berbasis web. Pilihan saat itu yang saya tahu hanya dua yaitu ASP dan PHP.

Lingkungan memang sangat berpengaruh dalam tahap perkembangan skill seseorang. Kebetulan rata-rata mahasiswa di kampus saya lebih menyukai membangun aplikasi window. Saya ingin mencari bahasa pemrograman lain selain yang sudah saya ketahui. Singkat cerita saya lebih memilih menggunakan Java dengan AWT-nya. Karena sudah mencicipi menggunakan editor serba drag and drop anda pasti tahu kalau AWT sudah cukup membuat anda membenci Java.

Setelah mempelajari lebih dalam, untungnya kita juga bisa membangun aplikasi berbasis web dengan menggunakan Java. Yah, dari sini karir saya dimulai...