Ronsen's Blog

Membangun Web dengan Java

Tuesday, February 10, 2009

Banyak para pemula yang selalu kebingungan saat ingin membangun sebuah website dengan Java. Saat saya memulai Java sangat sedikit pilihan web server. Awalnya saya hanya mengenal Apache Web Server sebelumnya. Karena sering mengunjungi website tersebut makanya saya pun mengenal Apache Tomcat.

Dengan menggunakan Apache Tomcat sudah cukup membuat website yang canggih. Bahkan bisa menangani permintaan (request) dari pengguna dalam jumlah yang besar. Sebenarnya bukan sekedar tergantung server tetapi lebih bagaimana mengoptimasi kode-kode sumber tidak melakukan proses yang berlebihan.

Memang membangun web di Java agak berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain. Apalagi dengan latar belakang sebelumnya menggunakan PHP. Ada beberapa aturan yang perlu (wajib) ditaati kalau tidak maka web yang dibangun tidak akan muncul. Solusi termudahnya adalah mulai menggunakan editor yang powerful seperti Eclipse dan Netbeans. Program tersebut membantu kita meletakkan struktur kode-kode Java dengan sangat baik.

Contoh-contoh source code akan saya simpan di https://github.com/ronsen.