Ronsen's Blog

Beragama atau Bertuhan?

Sunday, May 16, 2010

Dimana seharusnya kita meletakkan ajaran agama? Sudah cukup taulah kita jawaban sebenarnya dari pertanyaan tersebut. Agama harus diletakkan jauh-jauh di dalam hati nurani. Semakin jauh di dalam hati semakin mudah untuk didengar mata batin kita. Ehm... please don't quote this. It's just me saying bullshit.

Jika memang agama dijadikan panduan dan rambu-rambu kehidupan, itu hanya berlaku secara pribadi bukan rombongan. Jadi mereka yang belajar agama itu harusnya memperbaiki diri semakin suci dan tak bercela di hadapan Tuhan bukan pula berusaha untuk memperbaiki orang lain. Apalagi sambil membawa pentungan dan parang menyuruh orang lain bertobat. Tuhan pun saya rasa geleng-geleng kepala melihat perilaku manusia munafik seperti ini.

Sudah hampir tahunan yang lalu saya diajar untuk tidak beragama tapi diajarkan untuk bertuhan. Karena levelnya sangat jauh berbeda. Beragama hanya membawa kita sampai tahapan mengenal agama sebagai aturan dan panduan yang ditetapkan Tuhan. Kalau bertuhan itu beda, yang kita kejar itu mengenal hati Tuhan dan keinginanNya. Karena Tuhan itu adalah pribadi yang menyenangkan kalau kita mau membuka hati kita mengenal diriNya.