Ronsen's Blog

Intersepsi Koneksi Internet

Saturday, December 11, 2010

Saya adalah salah satu pelanggan Indosat IM2, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan internet via mobile broadband. Biarpun hubungan kami (eaaa...) tidak selalu berjalan mulus, saya tetap menggunakan layanan ini karena masih tetap yang terbaik di wilayah ini.

Tetapi belakangan ini saya agak sedikit resah gara-gara setiap kali surfing di internet di status bar selalu muncul:

mw.anacapa.biz

Karena penasaran, saya pun membuka alamat tersebut dan ternyata di-redirect ke sebuah alamat perusahaan iklan. Tentu saja ini membuat saya kaget dan menanyakannya di twitter:

setiap request page pake IM2 selalu muncul mw.anacapa.biz di status bar. dicek ternyata sebuah perusahaan advertisers. is that legal?

dan langsung mendapat jawaban dari @sigantengkalem.

kenapa gak legal. lha @tifsembiring yang ngasih contoh intersepsi koneksi internet buat filtering pr0n dari level ISP.

Legal atau tidak, saya tidak suka aktivitas penjelajahan saya selalu dimonitor atau mungkin istilah kerennya snooping oleh perusahaan lain. Makanya saya melakukan pemblokiran alamat tersebut dengan cara yang sangat sederhana, sbb:

$ sudo iptables -I INPUT -s mw.anacapa.biz -j DROP
$ sudo iptables -I OUTPUT -d mw.anacapa.biz -j DROP
$ sudo iptables -vnL

Cara lain untuk melakukan pemblokiran ini adalah dengan cara meng-install firewall. Bisa agak tenang sekarang?