Ronsen's Blog

Firefox Jadi Bego

Friday, January 7, 2011

Gambar dari Wikipedia
Awalnya saya iseng ingin mencoba perangkat lunak bernama Tor. Aplikasi ini berguna untuk menjaga privacy kita saat berselancar di internet. Proses instalasi Tor di Ubuntu Linux sangat mudah. Silakan baca dokumentasi instalasi Tor pada website Ubuntu.

Singkat cerita, Tor berhasil terpasang di komputer saya tetapi malah tidak bisa mengakses internet sama sekali. Selain itu dengan internet yang super lelet seperti ini memang bisa jadi salah satu kendela kenapa gagal menggunakan proxy yang disediakan oleh Tor. Akhirnya, dengan sedikit kesal, saya menghapus semua aplikasi yang berhubungan dengan perangkat lunak ini sampai bersih. Termasuk ekstensi untuk Firefox-nya.

Ternyata, entah kenapa, Firefox malah jadi bego. Setiap kali membuka Firefox, dia tidak ingat lagi semua session atau cookies yang sengaja saya biarkan. Saya paling tidak suka harus memasukkan username dan password ke setiap website yang saya kunjungi. Dengan kata lain, saya tidak pernah logout di komputer saya sendiri.

Saya tidak tahu bagaimana memperbaiki browser yang sudah tidak enak badan ini. Dengan sangat terpaksa saya menghapus direktori ~/.mozilla/firefox. Dengan cara ini, Firefox seperti baru lagi. Jangan lupa sebelumnya untuk mem-backup seluruh bookmarks dan ekstensinya. Oh iya, direktori tersebut tidak pernah saya hapus sejak Firefox saya pasang di Ubuntu, mungkin 2-3 tahun yang lalu. Tentu kalian bisa membayangkan betapa sedihnya saya (lebay).