Ronsen's Blog

Quora Akan Mengalahkan Twitter?

Sunday, January 9, 2011

Gambar dari Wikipedia
Beberapa hari yang lalu, pengguna Twitter ramai membicarakan tentang Quora. Langsung saja saya mencari alamat situs Quora ini dengan menggunakan Google. Sudah menjadi kebiasaan saya memang untuk mencari sesuatu melalui Google biarpun sebenarnya dengan mudah mengetikkan langsung di address bar.

Sepintas situs Quora ini adalah situs tanya jawab seperti Yahoo! Answers tetapi lebih profesional seperti StackOverflow. Saat ini, untuk menjadi anggota belum dibuka untuk umum, hanya melalui undangan dari teman atau menunggu kebaikan dari pengelola situs tersebut. Kemungkinan saya tidak akan berminat untuk menjadi anggota. Dan mungkin hanya karena Google nantinya saya akan mengakses situs Quora ini.

Anehnya, seperti tulisan di Vivanews ini menyebutkan Quora akan mengalahkan Twitter karena semakin lama pengguna Twitter akan mengalami kebosanan. Biarpun judulnya diakhiri dengan tanda tanya tetap saja aneh.

VIVAnews lansir dari TechCrunch.com, Selasa 4 Januari 2010, Quora diramalkan akan 'meledak' di tahun ini. Karena fungsinya kurang lebih sama dengan Twitter, di mana penggunalah yang menghasilkan konten (user generated content), maka Quora akan memanfaatkan momen tersebut untuk menjungkalkan Twitter. Terlebih lagi, situs mikroblog itu diprediksi akan terseok-seok tahun ini.

Twitter akan tetap dinikmati dalam waktu yang sangat lama. Twitter adalah tempat yang cocok untuk membuang sampah-sampah pikiran penggunanya. Tempatnya ngejunk yang sangat menyenangkan. Tentu selain Twitter masih ada Facebook. Menurut pendapat saya, Quora bukan tempat ngejunk. Di situ orang bertanya dan mereka tentunya akan mengharapkan jawaban yang sesuai. Akan mengalahkan Twitter? Wrong fight!

Baca di sini tentang perbedaan antara Quora dan Stack Overflow. Karena kedua layanan ini yang menurut saya saat ini yang paling top.