Ronsen's Blog

Adakah Nabi Setelah Yesus?

Wednesday, March 30, 2011

Entri berikut berbau agama, memang aku dulu masih sering menulis topik seperti ini. Tetapi belakangan aku kurangin karena merasa tidak berkompeten menulis hal-hal seperti ini. Ini hanya pendapat pribadi saja kalau kalau tidak suka silakan abaikan.

Pertanyaan tentang siapa nabi terakhir ini sangat sering ditanyakan dan diperbedatkan. Hampir banyak yang percaya bahwa sudah tidak ada lagi nabi-nabi yang seperti ditulis di Alkitab. Banyak yang percaya bahwa setelah Yesus tidak ada lagi nabi dan setelah itu para nabi digantikan oleh para rasul. Dan jabatan rasul ini juga dipercaya berhenti setelah keduabelas murid Yesus selesai melaksanakan tugas mereka. Tetapi benarkah demikian?

Yesus memperingatkan pada Matius 7:15 tentang adanya nabi-nabi palsu di masa mendatang. Logikanya kalau ada nabi-nabi palsu tentu ada nabi-nabi yang asli, kan? Buat apa Yesus memperingati tentang hal ini jika memang tahu tidak akan ada lagi nabi? Mari lihat beberapa ayat lain yang mendukung.

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar. (Efesus 4:11)
Tugas kelima jabatan ini sangat jelas dituliskan pada ayat-ayat selanjutnya:

Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. (Efesus 4:12-13)
Tugas berat ini tidak hanya diberikan kepada gembala, pengajar, dan pemberita injil; diberikan juga kepada rasul-rasul dan nabi-nabi. Kedua jabatan terakhir entah alasan apa sepertinya semakin diabaikan di zaman ini. Mungkin karena memang kedua jabatan tersebut tidak mudah didapatkan dan diakui oleh lembaga gereja?

Bukti lain keberadaan nabi setelah Yesus naik ke surga:
  1. Kisah Para Rasul 11:27-28
    Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia. Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius.
  2. Kisah Para Rasul 13:1
    Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.
  3. Kisah Para Rasul 15:32
    Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.

Kisah para rasul adalah kitab yang berisi tentang kisah perjalanan para rasul setelah Yesus naik ke surga. Tidak hanya satu tetapi tidak sedikit jumlah nabi setelah kematian Yesus. Mereka tetap menjadi perpanjangan lidah Tuhan walaupun saat itu sudah ada murid-murid Tuhan Yesus.

PENOLONG YANG LAIN

Nah, ini topik yang paling sering ditafsirkan dengan semena-mena. Dan banyak juga yang percaya bahwa penolong yang lain yang sedang dibicarakan Yesus ini adalah tentang nabi yang terakhir atau sebagai tanda bahwa tidak ada lagi nabi setelah Yesus.

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam Kamu. (Yohannes 14:16-17)
Sudah cukup jelas kan yah, yang diminta itu adalah Roh bukan manusia. Manusia apa yang bisa berdiam di dalam manusia? Sang penolong ini muncul setelah beberapa hari Yesus naik ke surga bertugas mengajarkan dan mengingatkan orang-orang percaya akan semua yang dikatakan oleh Yesus.

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yohannes 14:16-17)
Jangan lupa juga, Penghibur ini diutus oleh Yesus sendiri. Jadi kalau ada yang bilang "penghibur" ini sebagai nabi terakhir, mereka harus menerima kalau Yesus yang mengutusnya.