Ronsen's Blog

Akun Twitter Dibajak

Friday, March 18, 2011

"Tidaaaak, akunku dibajak!", tulis seorang ababil mendapati teman-temannya telah meng-update sesuatu di akun Twitter-nya. Dia tadi tidak sengaja meninggalkan gadget-nya saat pergi ke kamar mandi dan teman-temannya merasa inilah momen yang tepat untuk berbuat iseng. Kemudian sang ababil dengan cepat meminta maaf kepada semua followers-nya karena twit tersebut. Dan hidup pun berjalan seperti biasa.

Untunglah itu hanya sekedar keisengan remaja saja. Apa jadinya kalau misalnya gadget itu ternyata ditemukan oleh orang lain, atau bahkan dicuri misalnya? Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi, contohnya digunakan untuk kejahatan dlsb, pertama-pertama yang harus dilakukan adalah mematikan semua akses aplikasi ketiga (revoke access) yang ada di halaman koneksi Twitter. Dengan cara begini, semua aplikasi-aplikasi tersebut harus melakukan otorisasi ulang. Sayangnya, saat ini belum tersedia tombol untuk mematikan akses tanpa melakukannya satu per satu. Capek kan, yah?


Karena kemungkinan password masih disimpan di dalam gadget tersebut ada baiknya langsung diganti. Gunakanlah kombinasi yang cukup kuat untuk password, bukan yang gampang ditebak. Ini juga termasuk pada email karena dapat digunakan untuk me-reset password. Perlu diingat, mengganti password belum tentu me-rovoke access aplikasi.

Sedikit tambahan, tips ini untuk gadget yang dicuri atau hilang tetapi kalau hanya tidak sengaja memberikan otorisasi pada aplikasi-aplikasi yang nakal, cukup dengan mematikan aksesnya saja. Tidak perlu sampai mengganti password. Sering-sering ganti password juga tidak baik karena kadang bisa kesal karena lupa.