Ronsen's Blog

Bencana Jangan Dimanfaatkan untuk Promosi!

Sunday, March 13, 2011

Kita tahu semua kalau beberapa hari yang lalu (11 Maret 2011) Jepang dilanda gempa bumi dan tsunami yang mengakibatkan beberapa kota di sana mengalami kerusakan dan menelan korban jiwa. Tetapi, lagi-lagi beberapa orang melakukan promosi barangnya dengan memanfaatkan kejadian ini untuk menaikkan ketenarannya. Kemarin, Bing, mesin pencari dari Microsoft ini melakukan promosi tidak pantas di akun Twitternya:

How you can #SupportJapan - http://binged.it/fEh7iT. For every retweet, @bing will give $1 to Japan quake victims, up to $100K.

Walaupun akhirnya beberapa jam kemudian Bing pun meminta maaf atas twit tersebut dan katanya telah melakukan donasi dengan sejumlah uang. Tetapi misalkan saja jika tidak ada yang me-Retweet twit tersebut, apakah Bing tetap akan mendonasikan uangnya?

Di tanah air pun sama saja, sebuah akun pecinta Telkomsel (@TelkomseLovers) melakukan hal yang sama memanfaatkan bencana alam ini dengan tidak pantas. Walaupun twit promo tersebut sudah dihapus, untungnya detik.com membahas twit tersebut:

Perbuatan yang tidak pantas dilakukan akun @TelkomseLovers pada Jumat (11/3/2011) petang. Di tengah suasana duka dan simpati, akun yang mengatasnamakan komunitas pecinta Telkomsel ini malah mengajak follower-nya menjadikan #TLoversForJapan sebagai trending topic.

Bisa dilihat betapa geramnya detik.com dengan perlakuan akun @TelkomseLovers tersebut tetapi di sisi lain detik.com juga melakukan hal yang sama dengan artikel yang berjudul "Miyabi Baik-baik saja di Jepang." Sepertinya keberadaan artis porno sangat begitu penting sampai harus dibuat artikelnya di halaman detik.com.