Ronsen's Blog

Kursi yang Tertukar

Sunday, March 27, 2011

Kemarin di Twitter kembali dihebohkan oleh kisah yang lucu untuk dibaca, bagi orang yang mengalaminya mungkin bisa menyebalkan. Jadi ceritanya ada seorang anggota DPR komisi I yang mengambil kursi seorang penumpang dan menyebabkan pesawat tertunda sampai beberapa menit. Sang kapten diceritakan marah karena keterlambatan ini dan mulai kehilangan kesabarannya akhirnya mengumpatkan:

"PEJABAT MEMANG ANJING!"

Singkat cerita, anggota DPR tersebut diusir dari pesawat dan seluruh penumpang akhirnya bisa bernafas lega karena pesawat bisa berangkat. Tetapi setelah diklarifikasi ternyata sang kapten tidak mengusir pejabat tersebut seperti yang ada di-tweet-kan.

Slh 1 pnumpang teriak “Roy Suryo,turun!! Jgn kyk Nurdin Halid ga mau turun!!”. Saya jd bingung sndiri,akhirnya saya gajadi turun #CaptVino

Dalam pembelaannya, pejabat tersebut merasa tidak sepenuhnya semua itu menjadi kesalahannya karena telah terjadi double seat sehingga dia menempati kursi orang lain. Hmm... di dunia yang serba canggih seperti ini masih terjadi double seat? Dan orang yang mengatakan tersebut adalah orang yang diklaim oleh media-media norak sebagai pakar telematika?

Yah,  entahlah kisah mana yang benar. Tetapi sudah terlalu sering kita dengar permintaan aneh-aneh oleh pejabat-pejabat negara ini sehingga membuat kita antipati terhadap mereka. Bahkan ada yang meminta pesawat yang sudah terbang untuk turun kembali untuk menjemput dia. Gila nggak tuh!

TRENDING TOPIC

Kisah heroik ini sempat diperbincangkan di Twiiter sehingga masuk ke Trending Topic Indonesia dengan tanda pagar (hashtag) #CaptVino. Dan beberapa kata kunci seperti Lion Air dan Roy Suryo juga menemani di bawah. Trending Topic secara lokal ini sangat membantu mengetahui isu-isu apa yang sedang dibicarakan para pengguna Twitter Indonesia dengan cepat.

Untuk itu saya membuat sebuah skrip sederhana dengan PHP untuk membantu saya lebih cepat mengetahui topik apa sedang dibicarakan di Twitter. Saya menulisnya dengan menggunakan Geany, sebuah editor yang kecil tetapi sangat powerful.

 <?php  
 // I don't care about other countries. Err, maybe I should.   
 $url = 'http://api.twitter.com/1/trends/23424846.json';  
   
 function fetch($url) {  
   $ch = curl_init();  
   curl_setopt($ch, CURLOPT_URL, $url);  
   curl_setopt($ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, TRUE);  
   $response = curl_exec($ch);  
   curl_close($ch);  
   return json_decode($response);  
 }  
   
 function main($url) {  
   $trends = fetch($url);  
   foreach ( $trends[0]->trends as $trend ) {  
     printf("%s\n", $trend->name);  
   }  
 }  
   
 main($url);  

Dan hasilnya adalah seperti di bawah ini (Trending Topic hari ini):

 $ php ngetren.php   
 #100factsaboutme  
 #aprilwish  
 ❒Single ❒Taken  
 ºДºщ  
 #iseewhyyoumad  
 Macau  
 Jonas Brother  
 Rebecca Black  
 Korean Zombie  
 GlobalTV  

Alasan utama saya membuat skrip ini karena lambatnya koneksi internet saya sehingga membutuhkan waktu lama untuk membuka situs Twitter.com. Tentu saya tidak mau dong ketinggalan cerita-cerita menarik gara-gara lemotnya koneksi internet. Hihi... atau silakan bagi kalian yang mempunyai bandwidth yang cukup untuk berkunjung ke salingsilang.com untuk melihat sajian yang lebih menarik.

Update:
Untuk lebih mudah melihat trending topic saya membuat sebuah situs yang sederhana. Dan sekarang ada wilayah yang baru yaitu Jakarta dan Bandung. Sayangnya, situs ini sangat sering error karena batasan pemanggilan yang disediakan oleh Twitter. Ah well, kalian bisa mengambil source code-nya di sini.