Ronsen's Blog

Aparat Kepolisian Kita Bikin Bingung

Friday, April 22, 2011

Hampir dua minggu ini acara-acara infotainment di televisi menampilkan wajah Briptu Norman yang terkenal dengan lipsync-nya di Youtube. Seakan dieksploitasi habis-habisan polisi yang terkenal murah senyum itu muncul di layar kaca televisi dari pagi hingga tengah malam. Mungkin dia digunakan untuk memperlihatkan citra polisi yang ramah dan lucu.

Ya sudahlah, mari kita tinggalkan Briptu Norman yang secara tidak sengaja menjadi terkenal itu. Berikut adalah beberapa berita yang kadang membuat geleng-geleng kepala membaca kelakuan aparat kepolisian kita di berita-berita online. Membaca berita seperti ini kadang menyadarkan masyarakat kenapa kita selalu kecolongan dengan teroris.

Seperti berita yang ditulis di The Jakarta Post misalnya menyebutkan kalau polisi akan mengirim intel untuk menjaga ujian nasional. Hah? Dengan banyaknya kasus pengeboman di tanah air ini masih perlukah intel dibebani tugas untuk mengawasi kecurangan ujian nasional? Yah, mungkin polisi menganggap kejahatan ini termasuk national security threat atau apalah.

Lagi, yang berhubungan dengan intel. Dulu sempat dikabarkan intel juga akan mengintai media sosial seperti Facebook dan Twitter. Akun-akun yang dicurigai menuliskan informasi-informasi yang sensitif dan bisa membahayakan negara — katanya — akan selalu dipantau. Oh iya, saat kabar itu dituliskan di berita, ada organisasi massa yang terang-terangan menantang akan menjatuhkan Presiden tetapi sampai sekarang ormas tersebut tidak diapa-apakan. Sakit kepala nggak, kau?

Nah, ini yang terakhir. Kesimpulan polisi terkait dengan bom buku yang beberapa minggu lalu terjadi. Aku sudah tidak sanggup lagi menulisnya, coba baca sendiri:

"Dari 19 ini kebanyakan adalah lulusan sarjana. Tapi mereka menjadikan buku sebagai tanda bahwa mereka dari kalangan terpelajar. Usia rata-rata 30 tahun," ujar Kabagpenum Mabes Polri Kombes Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (22/4/2011).

Benar-benar bikin bingung kan?

Yang ini benar-benar yang terakhir. Kedua polisi wanita yang unyu berikut benar-benar lebih membingungkan. Haha... (•̯͡.•̯͡)

Avvy Olivia
   
Eka Frestya