Ronsen's Blog

Flock Itupun Akhirnya Ditutup

Thursday, April 14, 2011

Berita dari para pengembang Flock yang mengatakan support untuk browser Flock akan dihentikan pada tanggal 26 April 2011 memang tidak terlalu mengejutkan. Semenjak Google merilis browser-nya — Google Chrome — aku mulai jarang menggunakan Flock. Alasan utama bukan karena fiturnya yang banyak sebagai social browser tetapi sebagai alternatif Mozilla Firefox.

Alasan diberhentikannya Flock ini karena tim pengembang Flock akan membantu Zynga mengembangkan social games. Zynga adalah perusahaan di balik permainan-permainan yang terkenal di platform Facebook seperti Mafia Wars, Farmville, dan banyak lagi. Permainan tersebut jalan di browser sehingga dapat diakses di semua sistem operasi.

Tentu saja biarpun support-nya dihentikan, Flock masih tetap bisa digunakan selama tidak ada perubahan-perubahan dari aplikasi-aplikasi yang didukung browser tersebut. Tetapi sangat disarankan untuk pindah ke browser yang lain karena tidak akan ada update yang baru yang nantinya akan berbahaya jika ditemukan lubang keamanan yang dapat merugikan pengguna.

Sudah ada browser lain yang mempunyai fungsi yang mirip dengan Flock yaitu Rockmelt, tapi kalau melihat perilaku pengguna yang sulit berpindah browser, apakah Rockmelt ini akan bernasib sama seperti Flock?