Ronsen's Blog

Peti Mati

Wednesday, June 8, 2011

Senin kemarin (6 Juni 2011), kita kembali dihebohkan oleh berita pengiriman peti mati ke sejumlah orang media. Peti mati itu berisi beberapa jenis bunga dan alamat sebuah situs web. Pengiriman peti mati pada akhirnya diketahui hanyalah sebuah trik pemasaran yang dilakukan pakar Word of Mouth dalam peluncuran buku barunya. Cara seperti ini ternyata lebih banyak menuai cacian daripada pujian. Ya benar, beberapa orang memang menganggap cara ini keren. Karena suka atau tidak suka pesan yang disampaikan berhasil diterima banyak orang.

Kiriman yang tidak wajar seperti ini mengingatkan kita akan kirimin buku beberapa waktu yang lalu ke sejumlah artis dan politisi, yang ternyata buku itu adalah sebuah bom. Bom buku tersebut akhirnya menelan korban seorang polisi yang harus menerima tangannya hilang akibat ledakan saat ingin menjinakkan bom dengan air. Menurutku, di saat negara yang lagi panas dengan aksi teror, tindakan pengiriman peti mati itu merupakan tindakan yang tidak bijak.

Aku pun mengunjungi situs yang dimaksud dan ternyata ada sedikit teka-teki di sana. Pengunjung harus memasukkan sebuah kode yang merupakan kode untuk mendapatkan "petunjuk dari tuhan". Kode itu juga katanya dikirim bersamaan dengan peti mati tersebut. Beruntung aku dapat kode tersebut (coba 6611) dari seorang teman, dan dapat melihat "petunjuk dari tuhan" tersebut. Tidak perlu penasaran, isinya memang promosi sebuah buku kok.

Baca juga: