Ronsen's Blog

Twitter Akan Luncurkan Layanan Berbagi Foto

Thursday, June 2, 2011

Di blog resminya, Twitter mengumumkan akan meluncurkan layanan terbaru mereka yaitu layanan berbagi foto langsung dari Twitter.com. Ini merupakan kabar yang baik untuk para pengguna Twitter tapi tidak tahu apakah ini akan membunuh layanan serupa yang sudah ada sebelumnya seperti Twitpic, yfrog, dan Lockerz.

Millions of people share photos on Twitter every day. We're going to make that easier than ever. Over the next several weeks, we'll be releasing a feature to upload a photo and attach it to your Tweet right from Twitter.com. And of course, you'll soon be able to easily do this from all of our official mobile apps. A special thanks to our partner Photobucket for hosting these photos behind the scenes.



Mobile Friendly

Bisa dibilang aku pengguna setia Twitpic untuk layanan photo sharing. Situs ini sederhana dan tidak terlalu dihiasi iklan dan fitur yang berlebihan sehingga nyaman digunakan. Kekurangannya, tidak tersedia tampilan khusus untuk pengguna mobile sehingga terpaksa harus gigit jari disuguhin tampilan penuh layaknya sebuah komputer.

Sebelumnya aku sempat menggunakan Plixi dan yfrog karena mendukung tampilan untuk mobile. Tetapi belakangan, yfrog hanya mendukung versi dekstop dan setelah Plixi berpindah ke Lockerz tampilan mobile-nya lebih ramai daripada Twitpic. Betul-betul sangat menjengkelkan.

Selain dukungan tampilan mobile, juga yang sangat penting adalah fitur mengunggah (upload) gambar melalui mobile. Saat ini cara yang biasa dilakukan adalah melalui surel (email) dan ini juga sangat merepotkan bagi pengguna telepon genggam versi zaman dulu. Padahal sebenarnya bisa langsung melalui browser seperti misalnya yang dilakukan oleh dabr.co.uk.

Developer Friendly

Awalnya karena ingin tidak menggunakan email, aku membuat client sendiri agar lebih mudah untuk mengunggah gambar. Tetapi karena telah menemukan ada layanan yang mendukung hal ini, aku pun mengurungkan niat untuk belajar lebih dalam. Mudah-mudahan dengan diluncurkannya layanan baru oleh Twitter ini bisa lebih memudahkan untuk mengunggah gambar dan tentunya bagiku ketersediaan API yang mudah dipelajari.

Bagi kalian yang sering bermain-main dengan Twitter API, apa kalian memperhatikan laman entities ini?