Ronsen's Blog

Google+

Saturday, July 2, 2011

Akhirnya aku bisa menikmati Google+ tanpa harus menunggu sangat lama. Google+ adalah layanan pertemanan terbaru dari Google. Ya, Google sekarang sangat serius untuk lebih sosial.

Sebenarnya Google sudah punya layanan serupa yaitu Orkut. Entah kenapa, layanan ini kurang populer. Kalau dari sisi pengembang, aku tidak suka pemilihan Google memakai .NET — ASPX bisa jadi sih Mono — agak aneh apalagi Google terkenal pengguna berat Python dan Java.

Selain Orkut, Google juga masih punya Google Buzz. Layanan ini juga hidup segan mati tak mau. Ketidakberhasilan Buzz untuk sebagai pesaing Twitter mungkin karena sedikit dukungan dari pengembang ketiga sehingga kurang menarik pengguna dan juga harus diakses lewat Gmail membuat orang sedikit aneh menggunakannya, setidaknya bagiku. Dan kalau dipikir-pikir Google+ itu seperti versi extended dari Google Buzz, setuju tidak?

Untuk bergabung saat ini hanya lewat undangan dari Google atau dari teman. Ternyata banyak orang telah menemukan cara yang mudah untuk mengundang teman walaupun Google beberapa kali telah menutup fitur undangan. Aku sendiri mengundang teman langsung menaruh email mereka di kotak status.

Setahun yang lalu, aku menulis kekurangan yang dimiliki Facebook tentang pemilahan status pada teman-temanku. Silakan baca kembali di sini. Nah, fitur lingkaran (circle) di Google+ ini membuatku langsung menyukai layanan ini. Yang artinya, kau bisa dengan bebas tetap di-follow oleh orang-orang terdekat seperti orang tuamu, handai tolan, mantan-mantan, siapapun itu, dan kau tidak perlu risih menulis status karena memang mudah mengatur siapa saja yang akan membaca statusmu.

Ada beberapa hal-hal kecil lainnya yang membuat enak singgah di Google+ seperti tata-letak yang minimalis, ukuran font yang wajar, pengaturan teman dalam lingkaran juga sangat mudah, notifikasi yang keren, integrasi dengan layanan Google lainnya, dsb.

Apakah Google+ ini akan menjadi pembunuh Facebook? Aku berharap tidak. Kita masih butuh Facebook sebagai kompetitornya dengan begini inovasi selalu akan ada. Itu dari sisi pengguna, mereka yang bertempur di sana siap-siaplah.