Ronsen's Blog

Teroris Kristen

Thursday, July 28, 2011

Jumat 22 Juli 2011 dunia dikejutkan dengan diledakkannya bom di dua tempat di Oslo dan Ut√łya, Norwegia yang mengakibatkan total kematian sebanyak 76 orang dan puluhan orang mengalami luka-luka. Pelaku pengeboman itu adalah Anders Behring Breivik yang ternyata seorang Kristen fundamentalis dan belakangan media hanya menyebut dia sebagai orang gila saja.

Aku sebagai orang Kristen tentu saja terkejut mendengar hal ini. Bagaimana mungkin seorang mengaku sebagai orang Kristen melakukan tindakan sebrutal ini? Ayat apa yang mendukung dia sampai harus membunuh orang untuk membuktikan ke-iman-nya? Setahuku tidak ada satu ayatpun menyuruh orang Kristen supaya membunuh orang yang berbeda agama di Alkitab. Atau mungkinkah saja aku ketinggalan sebuah ayat yang tidak sengaja terlewatkan?

Siapakah sebenarnya musuh-musuh orang Kristen? Mereka yang mengaku sebagai orang Kristen baik itu diturunkan oleh orang tua atau mereka yang sudah lahir baru tentu familiar dengan ayat yang tertulis di Lukas 6:27-28:

"Tetapi kepada kamu yang mendengarkan Aku, Aku berkata: “Kasihlah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu."

Ayat di atas sudah sangat jelas menyebutkan untuk mengasihi musuh malah disuruh mendoakan mereka yang membencimu. Jika ingin membaca lengkap mengenai perikop mengasihi musuh silakan baca di sini.

Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah siapa saja — beragama maupun tidak — bisa melakukan hal-hal di luar akal manusia. Tetapi memang sepanjang sejarah manusia, pembunuhan dan teror lebih banyak dilakukan atas nama agama. Dikarenakan masing-masing penganut menganggap agamanyalah yang paling benar.

Apakah kita akan melihat banyaknya aksi-aksi teror seperti ini lagi di masa akan datang? Sepertinya sih iya!