Ronsen's Blog

Tipe Perusahaan yang Harus Dihindari

Saturday, July 23, 2011

Selama bekerja di perusahaan, aku menemukan beberapa tipe-tipe perusahaan yang benar-benar aneh. Tipe-tipe yang di bawah ini sebaiknya diperhatikan sebelum bekerja di sebuah perusahaan. Carilah tempat yang lebih santai dan lingkungan yang benar-benar nyaman untuk meniti karirmu.

Berikut 5 yang bisa aku sebutkan:
  1. Lembur adalah segalanya.
    Beberapa perusahaan menilai pegawainya dari berapa seringnya dia lembur di kantor. Dan kejamnya perusahaan-perusahaan itu tidak memberikan uang lembur. Jangankan uang lembur, makan malam saja tidak disediakan. Beliin pisang goreng kek, apa kek. Belum cukup tambahan waktu setelah jam kerja, hari Sabtu dan Minggu pun kadang dipaksa masuk. Berani tidak masuk? Siap-siap ditatap dengan kejam oleh atasan. Ngeri...
  2. Menghapal visi dan misi perusahaan.
    Dibacakan dengan tangan dikepal di atas dan diucapkan dengan lantang sampai menggetarkan sanubari orang-orang yang mendengarkan. Ini seperti menyampaikan pesan kepada pegawai bahwa hidup mati kalian ada di tangan mereka.
  3. Menyanyikan jingle/lagu perusahaan.
    Mungkin sudah jarang perusahaan punya lagu/jingle di abad 21 ini. Tetap masih sering aku lihat di partai-partai politik. Yang harus diketahui, lagu-lagu tersebut jauh dari enak didengar apalagi dinyanyikan. Dan harus dinyanyikan dengan penuh hayat, bila perlu sampai menitikkan air mata ketika atasan melihatmu; dijamin cepat naik pangkat eh gaji naik sedikit juga bolehlah.
  4. Pegawai itu by default adalah pencuri.
    Biasanya perusahaan bertindak sebelum pegawai tersebut mulai masuk kerja. Entah ijazahnya ditahan dan hanya bisa diambil setelah masa kontrak selesai. Disuruh menandatangani perjanjian kerja; isinya macam-macam seperti tidak boleh bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang yang sama setelah keluar dari tempat kerja sekarang. Perusahaan seperti ini jarang memperhatikan kesejahteraan pegawai.
  5. Sikut kiri, sikut kanan.
    Nah, yang ini bagian pegawai yang saling senggol kanan kiri, injak atas bawah supaya cepat naik pangkat. Aku punya teman yang pernah diteror lewat telepon-telepon gelap, ide yang dicuri saat ngobrol-ngobrol di kantin diaku sendiri, macam deh.
Kalau ada tambahan, silakan yah...