Ronsen's Blog

Hidup di dalam Kasih Karunia

Friday, August 12, 2011

180820114982 Aku sangat bersyukur karena mengetahui bahwa aku hidup di dalam kasih karunia. Ini artinya aku tidak lagi hidup di dalam penghukuman.

Sebenarnya mudah untuk mengerti apa arti hidup dalam kasih karunia seperti yang kusebut di atas tetapi lingkungan lebih sering membuat kita berpikir sebaliknya. Bahkan gereja sendiri tanpa disengaja masih sering bicara tentang hukum dan ancaman Tuhan bagi mereka yang sudah diselamatkan.

Setiap kejahatan atau dosa akan ada harga yang dibayar kelak di masa yang datang. Orang-orang sering menyebutnya karma. Hidup dalam kasih karunia tidak mengenal hal-hal seperti ini.

Hukum menabur dan menuai tidak sama dengan karma. Bukan tentang sebab akibat seperti yang biasa dibilang orang-orang. Misalnya saja, seseorang yang memiliki anak yang cacat apakah karena Tuhan menghukum orang tuanya? Hidup yang serba kesusahan adalah karena salah kita yang melupakan Tuhan? Apakah karena tidak membayar perpuluhan akan dihukum dengan kemiskinan?

Betapa seringnya ketakutan-ketatakutan seperti ini terdengar di sekeliling kita. Justru ini hanya akan menjauhkan kita akan pengertian kasih dan pengampunan itu sendiri.