Ronsen's Blog

Dart: Bahasa Scripting Terbaru dari Google

Wednesday, October 12, 2011

Google merilis bahasa pemrograman terbaru yaitu Dart. Dart seperti yang disebutkan di blog resminya dapat dijalankan melalui Virtual Machine atau diterjemahkan ke kode JavaScript.

Dart code can be executed in two different ways: either on a native virtual machine or on top of a JavaScript engine by using a compiler that translates Dart code to JavaScript. This means you can write a web application in Dart and have it compiled and run on any modern browser.

Walaupun sudah begitu banyak pustaka JavaScript di luar sana seperti JQuery, Prototype, dan MooTools tetapi beberapa orang masih kesulitan menguasai bahasa scripting yang satu ini. Ada beberapa usaha untuk memudahkan pemrograman pada client side tanpa harus menyentuh JavaScript; salah satunya adalah Dart dan contoh lainnya seperti CoffeeScript.

Bahasa Dart ini dikatakan lebih mirip dengan Java dan Perl sehingga bagi mereka yang familiar dengan bahasa tersebut tidak butuh waktu banyak untuk mempelajari sintaksnya dan berfokus pada pemrograman berorientasi obyek. Dan jika dilihat pada core libraries terdapat beberapa collection framework yang sudah terbiasa digunakan oleh programmer Java.