Ronsen's Blog

Kisruh New 7 Wonders

Friday, October 28, 2011

Berikut pernyataan resmi pemerintah tentang ajang kompetisi New 7 Wonders:

Pemerintah Indonesia secara resmi menarik Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai finalis dalam ajang pemilihan tujuh keajaiban alam-baru atau New Seven Wonder of Nature (N7WN) yang semula akan dideklarasikanpada 11 November 2011.

Pernyataan resmi dari Kemenbupar di atas sangat melegakan. Setidaknya kita tahu pemerintah tegas tidak lagi mendukung kompetisi New 7 Wonders itu. Perusahaan yang mengaku nirlaba itu tidak bisa lagi meminta dana terkait dengan promosi Taman Nasional Komodo.

Gambar dari Komodo National Park

Saat ini, Jusuf Kala-lah yang giat mendukung kontes ini. Dengan mengusung semangat nasionalisme meminta warga Indonesia untuk mengirim suara mereka melalui SMS sebanyak-banyaknya. Dan juga dengan alasan bisa menunjang pariwisata ke pulau Komodo tersebut yang secara tidak langsung bisa meningkatkan taraf hidup warga setempat.

Jadi kita bisa sedikit bernafas lega, jika suatu saat perusahaan asal Swiss itu meminta aneka biaya bisa meminta ke Jusuf Kala tidak lagi ke negara. Untuk orang-orang yang mengirim SMS memang tidak bisa dicegah; sama seperti kita tidak bisa melarang mereka untuk membeli RBT — sebuah layanan yang diciptakan khusus untuk menyiksa pendengaran manusia.