Ronsen's Blog

Menjadi Programmer

Saturday, January 21, 2012

Banyak yang bilang untuk menjadi ahli dalam pemrograman harus menguasai satu atau dua bahasa pemrograman saja. Menurutku tidak. Programmer seharusnya menguasai semua bahasa pemrograman. Ya, semuanya. Sebenarnya tidak ada istilah Java programmer, PHP programmer, Python programmer, dll. Kenapa harus membatasi diri dengan satu atau dua bahasa saja?

Aku baru sadar tentang hal ini baru-baru saja. Setelah membaca sebuah blog yang membahas hal ini. Sayangnya aku lupa di mana. Dicari di Google tidak membuahkan hasil. Jadi aku tulis kembali di sini. Tetapi mungkin tidak sejelas di blog yang kemarin aku baca.

Sulitlah belajar bahasa pemrograman yang baru?

A thousand mile begins with a single step. Begitulah kata orang bijak. Semua yang kompleks di programming pasti ada dasar yang mudah dipelajari. Dasar-dasar untuk mengenal bahasa baru itu sangat sederhana yaitu bagaimana caranya mendeklarasikan variabel, operator, ekspresi, dan control flow statements. Sedikit saja bukan?

Programer yang lain kemudian membuat sebuah framework untuk memudahkan pekerjaan yang biasanya berulang. Di sini kadang orang mengira belajar bahasa pemrograman itu rumit, padahal dia sedang belajar framework.

Jadi mulai sekarang jangan eksklusifkan dirimu hanya tahu satu bahasa saja. Memperkuat algoritma dengan satu bahasa saja itu memang lebih baik tetapi membatasi diri tidak mempelajari hal-hal baru sangat tidak dianjurkan. You are a programmer not just a Java programmer or PHP programmer!