Ronsen's Blog

Apakah Kau Benar-Benar Mengenal Dirimu?

Monday, March 5, 2012


Dengan bertambahnya umur, sedikit demi sedikit tentunya kita mengenal siapa diri kita. Entah itu melalui perenungan atau dengan sadar mengetahui sendiri bagaimana sifat kita. Sifat yang jelek atau yang tidak disukai baiknya dibuang perlahan-lahan. Dan pada akhirnya menjadi seorang pribadi yang baik setidaknya menurut dirimu sendiri.

Di umur yang sudah dibilang sudah tua — tetapi belum juga beranjak dewasa ini — sudah banyak sifat-sifat yang tidak kusukai telah kukubur dalam-dalam. Biasanya yang kubuang adalah adalah sifat yang tidak membangun, yang membuat aku sulit untuk maju. Dan bisa dikatakan aku cukup berhasil dengan usahaku ini.

Dan di sinilah muncul masalah itu.

Karena sifat-sifat yang kubuang tersebut adalah ternyata bagian dari diriku sendiri. Biarpun jelek tetap saja pernah membentuk pribadiku yang ada sekarang. Kusadari ternyata mereka tidak pernah kubuang. Semuanya masih tersimpan atau lebih tepatnya terpenjara entah di sudut gelap yang mana. Perlahan ingin memberontak, membebaskan diri.

Satu hal yang tidak pernah kusukai pada saat tidur adalah mimpi. Kata orang-orang, mimpi adalah bunga tidur. Tetapi tidak buatku. Mimpi membuatku selalu terjaga di malam hari, membuat besok pagi terasa sangat melelahkan karena kurang tidur. Dan puncaknya pada suatu malam aku bermimpi dan seperti melihat diriku yang terpenjara itu. Diriku yang dulu yang terkubur kembali bangkit mengingatkan siapa diriku sebenarnya.

Bagaimana suatu saat nanti aku terbangun tetapi bukan diriku yang sekarang?

Harus jauh-jauh dari black kryptonite!