Ronsen's Blog

Konversi Video ke 3GP

Thursday, March 8, 2012

Telepon genggam atau ponsel yang sedikit canggih memang sangat mudah ditemui di zaman ini. Tidak sekedar untuk menerima teks SMS lagi biarpun tidak canggih-canggih amat tetapi sudah bisa dipakai untuk memutar lagu dan video, mengambil foto, berselencar di internet, bahkan bila perlu me-remote server kalau sedang kepepet.

Saat ini aku menggunakan BlackBerry. Ponsel ini bisa memutar video berformat avi dengan baik. Suatu saat aku memutar sebuah musik video dari sebuah band asal Korea dan menunjukkannya kepada teman. Tanpa pikir panjang dia meminta video tesebut dariku. Dinyalakannya Bluetooth di Nokia-nya dan proses transfer pun dilakukan.

Berkas music video tersebut sukses di-copy di ponselnya. Tetapi karena nasibnya kurang beruntung saat itu, video itu tidak bisa diputar. Hanya suara saja yang terdengar. Aku tahu dia meminta video itu bukan karena ingin mendengar lagunya tetapi ingin melihat cewek-cewek ber-hotpants ria menari-nari di sepanjang lagu.

Aku merasakan kekecawaan yang dialami temanku itu karena mungkin dia tidak jadi mempunyai bahan hayalan malam itu. Bersyukurlah dengan hadirnya format 3GP yang dengan mantap dapat diputar hampir semua jenis ponsel saat ini.

Untuk mendapatkan kualitas yang bagus ini yang kulakukan:

ffmpeg -y -i video.mp4 -r 20 -s 352x288 -b 800k -acodec libfaac -ac 1 -ar 8000 -ab 48k video.3gp

Untuk kualitas yang biasa-biasa saja supaya menghemat kapasitas kartu memori:

ffmpeg -y -i video.mp4 -r 20 -s qcif -b 400k -acodec libfaac -ac 1 -ar 8000 -ab 24k video.3gp

Kalau terlalu malas menggunakan console bisa menggunakan WinFF untuk mengkonversi beberapa video secara langsung. Tambahkan preset seperti tampak pada gambar di bawah ini.


Menambahkan preset di WinFF memang agak menyakitkan-di-pantat. Memudahkannya tinggal tambahkan saja preset tersebut di ~/.winff/presets.xml.

Jangan lupa berbagi 3GP, bero. If you know what I mean!

Referensi: