Ronsen's Blog

Jangan Bunuh RSS!

Tuesday, April 17, 2012

Sepertinya ketenaran RSS semakin lama semakin redup. Awalnya aku mengetahui RSS ini pada saat menggunakan peramban Mozilla Firefox versi lama. Entah mulai versi berapa, Firefox tidak lagi memunculkan ikon pengumpan ini. Mozilla sepertinya ingin menyampaikan pesan kalau RSS itu telah mati. Apalagi Google Chrome bahkan tidak menampikan layout yang enak buat dipandang. Hanya Opera yang masih setia memunculkan ikon ini di sebelah kanan address bar-nya.

Redupnya RSS ini karena orang-orang sekarang lebih memilih media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai sumber berita. Banyaknya akun media sosial yang dibuat seakan-akan digunakan sebagai pengganti RSS memang lebih gampang untuk dicari. Aku sendiri, setidaknya di Twitter, tidak secara langsung mengikuti akun-akun ini. Aku membuat sebuah senarai khusus supaya tidak mengganggu timeline dari teman-teman.

Google Reader adalah situs yang kugunakan untuk menyimpan semua RSS yang kuanggap menarik. Lebih terbuka jika dibanding aku harus menekan tombol like di Facebook atau tombol follow di Twitter dan lebih terbuka karena tidak tergantung platform apapun.