Ronsen's Blog

Unity Lens

Friday, June 22, 2012


Aku jarang sekali menggunakan Dash Menu/Unity Lens di Ubuntu. Karena sudah lama menggunakan distro Linux yang satu ini, aku sudah hapal apa yang ada di menu tersebut. Jadi tidak perlu bersusah payah mencari aplikasi apa yang mau kujalankan. Sayangnya, Canonical dengan cerdasnya mengarahkan Alt+F2 ke Unity Lens. Gantinya aku menggunakan Synapse supaya bisa mencari aplikasi dengan mudah.

Biarpun aku jarang menggunakan Unity Lens ini sepertinya banyak developer memaksimalkan fungsi dari menu ini. Seperti misalnya mengintegrasikannya dengan Wikipedia sehingga pengguna lebih mudah mencari artikel tanpa harus membuka situs Wikipedia. Begitu pula mencari video di YouTube, mencari aplikasi yang ingin diunduh, dll. Entahlah, mungkin di luar sana ada yang berlama-lama memandangi Unity Lens ini.

Suatu saat nanti aku akan menggunakan Lens ini. Janji! Tetapi tidak sekarang selama tambahan-tambahan fungsi dari Lens ini masih di PPA.