Ronsen's Blog

App Store

Thursday, October 18, 2012

Toko aplikasi yang diperkenalkan Apple memang sangat memudahkan pengguna mengunduh aplikasi. Tetapi sebelumnya aplikasi tersebut terpampang di toko tersebut ada proses yang panjang yang kadang membuat stres beberapa pengembang. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan yang paling penting menghindari malware secara tidak sengaja terpasang di gadget pengguna.

Sistem yang tertutup ini juga mulai diadopsi yang lain misalnya Google, Amazon, dan Microsoft. Biarpun cara seperti ini hanya terkenal di lingkungan handphone dan sepertinya hanya beberapa pengguna saja yang tidak suka, selebihnya tenang-tenang saja. Tetapi apa jadinya kalau cara ini diterapkan di personal komputer? Juga harus melewati proses persetujuan dari pemilik sistem operasi? Hancurlah!

Sistem paket seperti app store sudah lama dikenal oleh pengguna Linux. Ini memudahkan pengguna memasang pembaharuan yang baru tanpa harus memeriksa setiap program. Biarpun demikian tetap saja pengguna bisa memasang program sesuka hati tanpa lewat sistem paket tersebut. Kalau menggunakan Debian dan turunannya ada Personal Package Archives dan masih bisa memasang dengan cara compile kode sumber.