Ronsen's Blog

Apa Jadinya kalau Syariat Islam diterapkan di Indonesia?

Friday, May 9, 2014

Bagi umat Muslim, penerapan Syariat Islam mungkin bisa dikatakan adalah hasrat terdalam mereka. Tentu saja tidak  bagi umat beragama yang lain. Apapun argumen yang mereka berikan dan sesempurma apapun bentuk yang kalian dikatakan, tidak akan membuatku merasa nyaman. Betapa tidak, aturan-aturan yang sering kubaca di berbagai media membuatku tidak begitu simpatik terhadap aturan yang dijalankan suatu negara atau daerah.

Jikapun nantinya suatu saat perjuangan mereka berhasil, menjadikan negara Indonesia menjadi negara Islam, kemana aku sebagai non-muslim harus berada? Apakah aku akan pindah ke negara yang lebih sekuler? Tidak mungkin juga. Memulai perjuangan mengembalikan Pancasila ke tempat seharusnya? Kek gua nggak ada kerjaan lagi aja. Pasrah? Ehe...

Sebenarnya aku bukan hanya risih dengan Syariat Islam, negara Amerika yang terlalu dicampur dengan ajaran Kristen saja membuatku miris. Misalkan saja, mereka yang gay selalu tersudutkan karena orang-orang Kristen sulit menerima keberadaan mereka. Membayangkan hal tersebut terjadi di Indonesia akan menjadi malapetaka bagi kaum homoseksual. Dan masih banyak hal-hal tidak penting lainnya terhalangi oleh karena ajaran agama tidak merestui.

Aku sangat setuju agama dan negara harus dipisahkan. Agama itu mengatur wilayah pribadi manusia. Kalaupun kau beranggapan ajaran agamamu itu baik, ya sudah lakukan sendiri. Tidak perlu sampai ngotot ingin dimasukkan ke undang-undang atau peraturan daerah. Istilahnya, jika surga yang kauincar, kau tidak perlu memaksaku mengikutimu.