Ronsen's Blog

Bullying di Sekitar Kita

Saturday, May 24, 2014

Aku pernah di-bully ketika sekolah dulu dan aku juga pernah mem-bully orang pada saat yang sama. Di era Internet seperti ini aku juga masih sering melakukan hal yang sama walupun seringnya tanpa sadar. Biasanya terjadi kalau debat menjadi sedikit panas. Bahkan aku juga sering dengan mudahnya melihat orang lain melakukan hal yang sama.

Setelah mengamati perkara bullying ini, aku menarik kesimpulan bahwa bullying sangat sulit dihindarkan; semudah jari-jari menekan tombol keyboard, semudah itu juga menyerang orang lain. Terpenting sebenarnya melengkapi diri pengguna Internet menghadapi kejadian seperti ini di kemudian hari. Entah siapa atau entah kapan bisa saja orang lain menyerang kita karena tidak suka dengan apa yang kita tulis.

Orang di sini terkenal kasar dibanding daerah yang lain. Makian selalu diucapkan di setiap kalimat. Setiap kalimat! Jika dimaki sudah sangat lumrah jika dimaki balik. Memang kalau dilihat seperti zaman bar-bar. Setidaknya semua berakhir dengan perkelahian, tidak ada korban yang diam saja diperlakukan seenaknya oleh pihak lain.

Well...