Ronsen's Blog

Mencari Aplikasi E-mail yang Baru

Friday, May 30, 2014

Sejak adanya media sosial di Internet, cara berkomunikasi orang-orang pun mulai berubah. E-mail, walaupun sedikit mulai ditinggalkan, masih tetap menjadi sarana komunikasi yang lebih umum dibanding media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path. E-mail tidak membutuhkan permintaan pertemanan ataupun mengikuti seseorang orang dulu baru bisa ngobrol. Hanya dengan mengetahui alamat yang bersangkutan, kita dapat langsung mengirim pesan kepadanya.

Aku sudah menggunakan beberapa aplikasi klien e-mail yang tersedia di Linux seperti Evolution dan Thunderbird. Evolution tersedia secara default saat memasang Linux (Ubuntu). Tampilannya benar-benar kompleks dan wah bagi pengguna baru. Selain e-mail, Evolution juga menyediakan aplikasi kalendar. Benar-benar aplikasi yang lengkap untuk perkantoran. Sedangkan Thunderbird adalah aplikasi sudah sangat lama kupergunakan. Sejak Mozilla mengumumkan tidak lagi serius mengembangkan Thunderbird, aku pun mulai mencari alternatif dari kedua aplikasi ini.

Sebenarnya ada alasan lain aku mulai meninggalkan Thunderbird, alasannya adalah IMAP. Sepertinya protokol ini tidak terlalu keren di Thunderbird, tidak seperti saudaranya POP3. POP3 sangat baik jalan di Thunderbird sedangkan IMAP sepertinya menjadi anak tiri di sini. Setiap kali membuka Thunderbird, aplikasi ini sibuk mengunduh ulang e-mail yang ada. Kalau sedikit sih tidak membuat risih, beda kalau harus mengunduh ribuan e-mail berulang-ulang.

Kalau alasan tersebut, akupun mencari penggantinya. Aku dulu pernah mendengar dan mencoba Geary. Sebuah aplikasi e-mail yang menurutku sangat sederhana. Sampai kucoba beberapa hari yang lalu, Geary bukan sebuah aplikasi yang bagus, bahkan kalau bisa dibilang sangat buruk. Tidak ada satupun e-mail yang muncul. Pokoknya belum pernah aku melihat aplikasi separah Geary sebelumnya. Tetapi versi yang baru membuatku berubah pikiran. Geary sangat ringan dan mudah digunakan, ditambah dukungan IMAP yang lebih baik dari Thunderbird.