Ronsen's Blog

Rutinitas Pagi

Thursday, May 29, 2014

I'm not a morning person.

Dulunya aku pikir begitu. Sejak ada Internet sepertinya kata-kata sudah tidak memiliki makna lagi. Setiap pagi walaupun masih sedikit ngantuk, yang pertama kulakukan adalah memegang gadget. Karena biarpun rasanya ingin melanjutkan tidur tetap saja kepala kepikiran terus untuk memeriksa perkembangan yang terjadi di dunia maya.

Biasanya yang pertama kucek adalah media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, dll. Ini untuk mengetahui apa yang menjadi topik yang hangat di lingkaran sosialku. Sebenarnya ini membuat lingkup diriku menjadi lebih kecil karena sebenarnya dunia itu lebih besar dari yang kulihat. Tetapi kemudian aku menyakinkan diri, terlalu banyak informasi juga tidak membuat hidupmu lebih baik.

Setelah mengecek media sosial, selanjutnya aku membaca (sekilas) semua daftar pengumpan RSS yang kusimpan di Feedly. Dulunya aku penggemar Google Reader dan sekarang aku harus berterima kasih kepada Google karena mereka akhirnya mematikan layanan tersebut, aku bisa beralih ke layanan yang lebih baik. RSS, dalam hal ini adalah blog, agak jauh berbeda dengan media sosial mungkin karena butuh waktu dan tenaga untuk menulis di sana. Biasanya dan seringnya aku tidak punya cukup waktu untuk membaca semua artikel yang ada di situ.

Selanjutnya aku selalu membiarkan jendela Twitter, Facebook, dan Hacker News untuk tetap terbuka sepanjang hari. Biasanya kalau sudah jemu bekerja, aku sering kembali membuka ketiga situs tersebut suapaya tidak ketingggalan informasi dan perkembangan baru.