Ronsen's Blog

Komputer

Monday, July 7, 2014

Seberapa banyak dari kita mengerti apa arti komputer sebenarnya?

Kata dasar dari komputer ada compute yang artinya mengkalkulasi atau lebih sederhananya menghitung. Sekarang komputer atau alat penghitung bermacam-macam bisa PC desktop yang biasa kita lihat sehari-hari, notebook, sampai smartphone yang kita miliki.

Komputer harus memiliki perangkat yang wajib di dalamnya supaya berfungsi maksimal yaitu: perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras seperti CPU, RAM, harddisk, dll dan sistem operasi sebagai perangkat lunaknya. Kemudian katakanlah seorang programmer membuat tambahan program/aplikasi pendukung ke dalam komputer tersebut.

Jadi begini, ceritanya seorang teman yang bekerja di bidang telekomunikasi mengerti keunggulan dari komputer ini. Paling utama adalah membantu pekerjaan kita sehari-hari yang biasanya kita lakukan secara rutin. Karena temanku ini bergaul di lingkungan IT, dia sedikit paham apa itu pekerjaan programmer. Selanjutnya dia pun ingin melakukan sesuatu dengan pekerjaannya yang menyita terlalu banyak tenaga dan waktunya.

Selama berbulan-bulan dia bersama teman programmer-nya saling berkoordinasi membuat program baru untuk lebih memudahkan lagi pekerjaannya. Di samping harus mengerjakan pekerjaan utama yang sangat menyita waktu, temanku ini rela menyisihkan waktu lagi untuk mengerjakan sesuatu yang bukan disuruh oleh perusahaannya.

Kerja keras selama berbulan-bulan tersebut ternyata membuahkan hasil yang bisa dikatakan luar biasa. Biasanya pekerjaan sehari itu harus memakan waktu bahkan harus lembur, sekarang dapat dikerjakan dalam waktu 2 jam. Tentu saja membuat teman-teman koleganya bingung karena setiap hari temanku itu selalu terlihat santai dalam pekerjaannya.

Inti dari cerita ini adalah begitu banyak potensi dari sebuah komputer zaman sekarang yang belum dimaksimalkan. Komputer bukan hanya sekedar browser, aplikasi kantor, atau pemutar video/lagu. Terpenting dari komputer ini adalah memudahkan pekerjaan sehari-hari kita.