Ronsen's Blog

Internet Cepat Buat Apa?

Wednesday, August 13, 2014

Suatu ketika seorang menteri pernah bertanya, "Internet cepat itu buat apa?"

Pada artikel sebelumnya aku menceritakan tentang bagaimana kekuatan kita sebagai netizen di Internet. Memang jawabannya sangat memilukan. Mungkin saja sang menteri tadi bertanya karena melihat kita pengguna Internet sebagai konsumen saja, sehingga terlontarlah pertanyaan lugu tersebut. Sangat sedikit dari kita menggunakan Internet ini sebagai lahan yang bagus untuk berinovasi. Biarpun ada beberapa situs web buatan lokal tetapi kita cenderung lebih banyak menyita waktu berseluncur di Internet menikmati konten-konten yang bagus dan menarik dari situs web luar.

Kita belum pernah melihat orang yang benar-benar menggunakan Internet secara maksimal. Seberapa cepat pun kecepatan bandwidth yang kau punya, sebagian besar hanya digunakan untuk menonton video-video di Youtube karena tidak lagi merasakan tersiksanya di-buffering atau apalah aku tidak bisa mencari contoh lain yang lebih konkrit. Bukan berarti itu kubilang negatif. Tidak. Hanya saja, sebagian kecil saja yang bisa menggunakan Internet dengan sehat. Bahkan, aku sendiri masih belum memaksimalkan bandwidth yang sekarang kumiliki. Seakan-akan hati kecil ini lama-lama bertanya, "hanya ini ajanya gunanya Internet?"

Biarpun terdengar klise, daripada kita ramai-ramai meng-cloning situs web luar menjadi situs web bercita rasa lokal, lebih baik membenahi negara ini dengan Internet. Dari Sabang sampai Merauke, pemerintahan kita di-upgrade menjadi pemerintahan online. Mempermudah layanan dari hulu ke hilir dengan Internet yang memadai sehingga banyak masyarakat terbantu. Walaupun sebenarnya aku belum bisa membayangkan seperti apa layanan itu nanti tetapi aku tetap berharap ada kemajuan. Tidak seperti saat ini yang berkesan sangat lambat dan berbelit-belit.

Pemerintahan online nantinya akan dengan sendiri mengedukasi masyarakat arti positif dari Internet. Segala urusan dibuat lebih transparan yang akan membuat kerpercayaan kita terharap pemerintah pun membaik. Dengan begini, program Internet masuk ke pedesaan lebih masuk akal. Sekarang sih, desa sudah online tapi online seperti apa tidak jelas. Jadi besok-besok saat ada yang bertanya: "Internet cepat buat apa?", dengan cepat kita menjawab, "biar gampangnya aja ngurusin entah apa." Sesimpel itu!