Ronsen's Blog

Israel Bangsa Pilihan Tuhan?

Sunday, August 3, 2014

Bangsa Israel sering disebut di khotbah-khotbah gereja sebagai bangsa pilihan Tuhan seperti yang tertulis di dalam Alkitab. Dan di Kejadian 12:3 dengan tegas Tuhan mengatakan akan memberkati bangsa yang memberkati Israel dan mengutuk mereka yang mengutuk Israel. Ayat ini juga dipercayai oleh orang Kristen secara umum sehingga mereka yakin negara-negara yang mendukung Israel seperti Amerika dan Inggris mendapat serpihan berkat dari Tuhan.

Bicara tentang kekristenan tentu bukan menelan begitu saja apa yang tertulis di dalam kitab suci. Ada penggenapan yang terjadi saat Yesus Kristus datang ke dunia. Bangsa Israel disebut sebagai bangsa pilihan Tuhan adalah karena dari bangsa ini akan lahir Juruselamat dan telah digenapi dengan lahirnya Sang Mesias. Sekarang bukan hanya orang Israel yang bisa disebut sebagai anak-anak-Nya tetapi siapa pun dapat dipilih menjadi biji mata Tuhan.

Banyaknya opini yang sering kita dengar mengenai bangsa Israel ini membuat mereka terlihat seperti bangsa yang memang diberkati oleh Tuhan. Banyak produk-produk yang kita pakai sekarang adalah buatan tangan mereka. Kita juga sering mendengar betapa pintar dan jenius-nya mereka. Sakingnya herannya, kadang orang Kristen lupa kalau bangsa ini juga menolak Yesus sebagai juruselamat, menyalibkan Dia, dan memburu dan membunuh orang Kristen pada awal-awal penyebaran ajaran Kristen.

Sikap dukungan beberapa orang Kristen terhadap penyerangan yang dilakukan oleh Israel terhadap negara Palestina membuatku sedih sekaligus jengkel. Seenaknya saja menggunakan agama untuk membenarkan kelakuan keji tentara Israel terhadap negara Palestina. Benar ada korban di kedua belah pihak tetapi korban sesungguhnya adalah mereka-mereka yang tidak menginginkan perang dan juga banyaknya anak-anak entah itu sebagai korban perang atau menjadi yatim piatu karena orang tuanya yang telah tiada.

Buka matamu! Israel bukan perpanjangan tangan Tuhan!

And this is not an anti-semitism post!

I re-posted this post from Facebook.