Ronsen's Blog

Kembali Menggunakan elementary OS

Friday, September 12, 2014


Terhitung 6 bulan atau lebih aku meninggalkan elementary OS karena ingin mencoba Ubuntu 14.04 LTS. Satu hal yang membuatku kembali menggunakan distro ini adalah dikarenakan sangat ringan biarpun digunakan pada perangkat keras yang lama. Lebih ringan dibandingkan Xubuntu 14.04 yang sedang kugunakan. Ini membuat notebook tidak terlalu cepat panas (selalu panas).

Untuk kali ini aku memasang elementary OS versi terbaru yaitu Freya. Walaupun versi ini masih Beta tapi sudah bisa digunakan dengan baik. Karena baru saja menggunakan sistem operasi ini hari ini, jadi belum menemukan bug yang membuat masalah serius. Seperti biasa untuk proses selanjutnya setelah memasang elementary OS, kau bisa mengikuti langkah-langkah pada Ubuntu 14.04.


Tampilan depannya ternyata sangat mirip dengan versi sebelumnya, Luna. Aku tidak terlalu memasalahkan hal ini. Sepertinya tidak ada perubahan mendasar di Freya ini tetapi sebenarnya Freya ini jauh berbeda dengan Luna. Selain itu mendukung perangkat keras dengan baik pada notebook yang kugunakan. Wi-Fi dikenali dengan sempurna bahkan setelah ku-update. Berbeda dengan Ubuntu 14.04 yang sangat tidak ramah dengan perangkat keras lama.