Ronsen's Blog

Apa yang kau lakukan setelah memasang Ubuntu?

Tuesday, October 28, 2014

Pasti setelah memasang Ubuntu di notebook atau komputermu, kau akan mencari langkah-langkah selanjutnya. "Things to do after installing Ubuntu", mungkin adalah kata kunci yang sering di-abuse oleh beberapa situs web/blog supaya muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Sebenarnya semua isi dari artikel itu seragam atau mirip-mirip dengan artikel dari versi yang sebelumnya. Terus kenapa ditulis? Biasalah, hidup di Internet masih harus bergantung dengan permainan search engine optimization. Dan sering sekali, beberapa artikel berhasil bertengger di urutan pertama.

Mari kembali ke topik.

Jadi apa yang harus selanjutnya kaulakukan setelah memasang Ubuntu? Saranku sih, ikuti saja apa yang ditulis oleh artikel yang kautemukan di Google. Itu semua sudah kucoba dan sesuai dengan harapan.

Terus lu ngapain nulis lagi, heh?

Haha... sebenarnya aku mau komplen soal satu hal dengan Ubuntu. Setelah beberapa kali upgrade, aku menemukan fitur yang menjengkelkan. Yaitu, program laporan kesalahan yang selalu muncul setiap saat sehingga mengganggu sekali.


Mematikan fitur ini sebenarnya sangat mudah. Tetapi yang menjadi pertanyaan itu sebenarnya kenapa fitur yang seharusnya membantu pengembangan Ubuntu malah menyusahkan pengguna. Dan frekuensinya yang terlalu sering malah membuat khawatir tentang kestabilan sistem operasi itu sendiri.

Berikut cara mematikan crash report ini:

$ sudo service apport stop
$ sudo sed -i -e s/^enabled\=1$/enabled\=0/ /etc/default/apport