Ronsen's Blog

Pengalaman Menggunakan Android di Notebook

Friday, October 24, 2014

Beberapa hari yang aku memutuskan untuk memasang Android di notebook-ku yang lama. Tadinya aku sudah memasang Android ini di VirtualBox dan baru kepikiran untuk mencoba di notebook setelah sekian lama.

Proses pemasangan Android ternyata sangat mudah sama mudahnya seperti saat memasang sistem operasi Windows ataupun Linux. Bahkan Android dapat berjalan dengan mulus tanpa perlu driver ini itu. Keren, kan!

Untuk mengunduh berkas ISO bisa langsung ke situsnya di android-x86.org. Aku menggunakan versi Andorid 4.4 Kitkat. Setelah itu bakar ke CD atau gunakan flashdisk jika notebook-mu sudah mendukung boot dari USB.

Perlu diketahui, aku pengguna smartphone Samsung jenis Android. Jadi aku sudah familiar dengan aplikasi yang ada di sana. Hanya ingin mencoba menggunakannya di notebook.

Kesimpulannya, Android adalah sistem operasi masa depan. Aplikasi yang bisa kita gunakan sangat kaya dan modern. Berbeda dengan Windows dan Linux yang sangat minim untuk aplikasi online. Terlalu mengandalkan browser.

Dengan besar penyimpanan yang tidak terbatas, maksudku biasanya di smarphone terbatas, dengan kapasitas 150GB kau bisa memang aplikasi apapun tanpa takut suatu saat akan kepenuhan.

Angry Birds, Clash of Clans, dan beberapa jenis permainan berjalan dengan baik dan lancar. Itupun sebenarnya notebook yang kumiliki bukan jenis perangkat yang baik untuk digunakan bermain game.

Yah, walaupun ada keterbatasan dibanding sistem operasi Windows dan Linux, Android bisa jadi menjadi alternatif untuk perangkat notebook