Ronsen's Blog

Fenomena Hoax yang Semakin Menjadi-jadi

Thursday, February 23, 2017



Berita palsu atau sering kita sebut hoax semakin menjadi-jadi beberapa tahun ini. Fenomena ini aku lihat bersamaan dengan meningkatnya pemberitaan politik terutama di media sosial. Beberapa tokoh terkenal tidak luput dari berita-berita miring mengenai diri mereka, bahkan presiden pun tidak luput dari incaran para pembuat hoax ini.

Aku sering melihat teman-teman mengirimkan berita-berita hoax ini bahkan sebelum ada media sosial seperti Facebook dan Twitter. Mereka mengirimkan berita-berita ini melalui pesan e-mail di grup-grup mailing list. Malasnya sebagai admin grup, aku mempunyai tanggung jawab moral untuk men-debunk isi pesan tersebut. Sayangnya, mereka tidak pernah belajar membedakan mana hoax mana yang bukan. Capek sih!

Tidak sedikitnya orang yang termakan dengan berita hoax kadang membuat jengkel. Betapa kesalnya melihat orang-orang mudahnya ditipu. Mereka tanpa sadar menjadi bulan-bulanan oleh oknum-oknum yang sengaja mamainkan emosi mereka. Sedikitnya kesadaran untuk melakukan cross-check sebelum membagikan ulang berita hoax yang mereka baca.

(Gambar: sleuthsayers.org)