Ronsen's Blog

Jalan Menuju Parapat Danau Toba Sudah Rusak Parah

Monday, March 6, 2017


Hari Minggu kemarin, aku mengunjungi kota Laguboti. Bersama dengan sodaraku yang tiba di hari yang sama dari Medan, kami berangkat mengendari mobil sekitar pukul 9 pagi hari. Kunjungan kami kali ini untuk men-followup pekerjaan yang masih tersisa. Sekedar melakukan inspeksi kecil sebelum semua pekerjaan benar-benar selesai.

Kemarin itu adalah kunjungan perdana setelah terakhir kali ke daerah Toba Samosir akhir tahun yang lalu. Aku agak sedikit terkejut melihat kondisi jalan menuju Parapat, terutama di daerah Panatapan. Jalannya sudah hancur dimana-mana. Lubang-lubang kecil itu memang sudah ada bertahun-tahun tapi memang belum begitu mengganggu.

Tetapi berbeda dengan keadaan yang aku lihat kemarin. Ditambah dengan hujan yang sangat lebat, jalanan di Penatapan menjadi sangat parah. Mobil-mobil bergerak dengan sangat lambat karena lubang-lubang yang sangat besar. Bahkan jembatan menuju Parapat pun seperti tak terurus, tinggal menunggu waktu saja sebelum rusak parah.

Jika membaca kondisi jalan terutama di daerah Kabupaten Simalungun secara umum, memang rata-rata semuanya tidak diurus. Aku tidak ingat terakhir kali pemerintah melakukan perbaikan jalan. Jika Parapat yang merupakan daerah kunjungan wisata saja diabaikan, bagaimana lagi dengan daerah-daerah lain? Akankah pemandangan yang menyedihkan seperti ini kita rasakan setiap hari?