Ronsen's Blog

Tes Kamera Sony Alpha A5000

Saturday, June 24, 2017

Beberapa minggu yang lalu aku membeli sebuah kamera mirrorless Sony Alpha A5000. Kamera ini tergolong sudah termasuk tipe kamera Sony yang lama. Walaupun demikian kamera ini masih cukup baik digunakan untuk mengambil foto dan video. Dengan resolusi gambar 20 MP, foto yang dihasilkan kamera sangat memuaskan.

Untuk video sendiri, kamera ini hanya menghasilkan frame rate 29.9 fps. Jadi kalau kalian ingin membuat video slow motion sebaiknya jangan menggunakan kamera ini. Walaupun bisa diakali dengan menggunakan perangkat lunak editor video, hasilnya tentu sangat berbeda jika menggunakan kamera yang dapat mengambil frame rate di atas 30 fps.


Untuk contoh foto yang dihasilkan oleh kamera ini bisa kalian lihat di Instagram-ku. Mungkin untuk waktu yang lama aku akan menggunakan kamera ini untuk mengambil foto dan video. Biasanya aku mengambil foto dalam format JPEG dan RAW karena aku edit dulu di komputer sebelum aku post ke Instagram.


Jika kau berencana menggunakan kamera untuk melakukkan vlogging, aku rasa sudah cukup. Fitur auto-focus kamera ini sangat baik dan walaupun hanya menggunakan mic internal, suara yang dihasilkan pun masih dalam kewajaran. Mungkin yang perlu kau perhatikan adalah ketahanan baterai dan kapasitas memori kartu.