Ronsen's Blog

Tagar di Instagram Sudah Tidak Relevan Lagi

Thursday, July 13, 2017

Logo Instagram

Beberapa waktu yang lalu, tanda pagar (tagar) atau hashtag sangat penting di Instagram. Dengan tagar ini foto yang kau upload akan muncul di laman yang disukai oleh orang-orang yang memiliki kesamaan ketertarikan.

Bagi mereka yang mengerti cara bermain Instagram, pasti tahu ada aplikasi yang memanfaatkan tagar-tagar tersebut. Makanya dulu sering terlihat tagar yang sangat banyak bahkan tidak relevan dengan foto yang diunggah. Fotonya tentang makanan tapi tagarnya mungkin saja landscape atau bahkan senja. Tiba-tiba saja dengan cepat foto tersebut mendapat likes dari antah berantah.

Awalnya aku heran kenapa ada orang menyukai fotoku walaupun dia tidak mengikuti akunku. Setelah membaca beberapa artikel, ternyata likes ini dapat dari bot aplikasi. Tagar yang digunakan seperti men-trigger aplikasi tersebut dan seringnya menyukai beberapa foto sebelumnya. Fungsinya untuk menarik perhatianku sehingga ingin membuka profil yang menyukai fotoku. Biasanya mereka memiliki jumlah followers yang fantastis.

Selain meninggalkan jejak likes, kadang ada yang pura-pura mem-follow. Pura-pura karena setelah di-follow balik, biasanya mereka langsung unfollow. Taik banget, kan? Tapi mereka mengakui kalau aplikasi bot ini sangat membantu mereka menambah jumlah followers mereka dengan signifikan. Walaupun mereka sedang offline tapi akun mereka terlihat sangat aktif.

Setelah Instagram memblokir aplikasi-aplikasi bot seperti ini, foto yang kuunggah hanya dapat likes dari teman-temanku. Walaupun kadang ada dari orang-orang yang tidak kukenal, paling hanya 1 atau 2 orang. Tidak seperti dulu lagi. Tagar-tagar ini sudah tidak relevan lagi. Sebanyak apapun tagar yang kaucantumkan di fotomu, tidak akan ada bot lagi yang memanfaatkan tagar tersebut.

Entah ini langkah yang baik yang diambil Instagram atau tidak tapi beberapa orang pasti senang dapat likes walupun itu dari sebuah bot. Aku pikir sebaiknya Instagram perlu mencabut pemblokiran aplikasi-aplikasi ini. Tidak ada yang dirugikan, bahkan perlu buat mereka yang memiliki followers yang sedikit. Karena walaupun sedikit, ada yang menyukai foto-foto mereka.