Ronsen's Blog

FUD Dibalik Perubahan Algoritma Instagram 2018

Friday, February 9, 2018


Banyak opini yang berseliweran dibalik perubahan algoritama Instagram di tahun 2018 ini. Beberapa di antaranya dan kebanyakan tidak mempunyai sumber yang benar.

Sebelum membahas masalah ini lebih jauh, terlebih dahulu aku jelaskan secara singkat apa itu FUD. Kepanjangan dari FUD adalah fear, uncertainty and doubt. Ketakutan tidak mendasar yang dialami oleh seseorang yang membuat semacam opini yang sebenarnya tidak sepenuhnya terjadi. Jadi kebanyakan opini yang aku baca baik itu di artikel blog maupun video yang kutonton lebih bersifat FUD.

Foto hanya dilihat 10% dari auidens

Beberapa media sosial yang terkenal seperti Facebook, Twitter, dan tentunya Instagram bersama-sama mengubah bagimana timeline dari kiriman ditampilkan. Dulunya feed itu ditampilkan sesuai dengan waktu saat kalian mengunggah foto ataupun status. Sekarang, walapun kalian mengunggah foto pada jam 1 pagi, tetap akan dilihat oleh teman kalian yang misalnya membuka app pada jam 1 siang. Jadi, 10% dari audiens ini tidak tahu dari mana datangnya.

Komentar dalam waktu 1 jam

Kalian harus memberikan komentar dalam waktu rentang 60 menit kalau tidak foto kalian akan tenggelam! Seriously, Instagram akan melakukan hal ini? Tidak ada sumber yang menguatkan penyataan ini. Fotoku sering dapat likes dari orang-orang yang bahkan tidak mengikuti akunku dan aku hanya menulis tidak lebih dari 5 komentar di Instagram di tahun 2018 ini.

Hashtags berlebihan dan itu-itu saja

Katanya kalau kalian menggunakan tanda padar sampai 30 kali maka Instagram akan melakukan shadow ban. Katanya juga kalian harus setidaknya menggunakan tidak lebih dari 5 tanda pagar. Well, masih ada kok yang memakai tanda pagar berlebihan dan akunnya aman-aman saja. Aku juga menggunakan tanda pagar yang itu-itu saja sejak tahun kemarin dan akunku pun masih aman-aman saja. Entah dari mana mereka dapat info ini?

Instagram pods

Jadi kalau kalian hanya berkomentar antar teman-teman kalian maka katanya Instgram akan melakukan shadow ban juga. Ya iyalah kalian akan lebih sering berinteraksi dengan teman-teman kalian, kok malah dilarang?

Jadi coba sedikit kritis dengan info-info yang tidak jelas yang kalian jumpai di Internet khususnya mengenai Instagram ini. Katanya Instagram ingin kalian aktif di platform mereka secara komunitas. Tetapi tentunya bukan seperti ini, hidup kalian bukan di Instagram.

Just post a picture and get on with your life!