Sering kali gua liat beberapa perusahaan yang sukses luar biasa akhirnya tumbang perlahan-lahan. Biasanya mereka berhenti melakukan inovasi dan fokus ke hal-hal yang gak signifikan. Misalnya, fokus ke menjaga image mereka di muka publik. Apalagi memperkerjakan orang-orang yang gak ada hubungannya dengan visi misi perusahaan.
Boing, Nokia, Kodak, Intel, dll adalah sederet perusahaan yang pernah gua baca di beberapa artikel berita yang mengalami kemunduran. Saat berada di puncak kejayaan malah terlena, buang-buang duit yang jumlahnya fantastis buat kegiatan seremonial. Fokusnya bergeser, bukan lagi dalam riset dan pengembangan.
Terakhir, perusahaan yang mulai gak enak terdengar adalah Apple. Beberapa kali gagal memenuhi janjinya untuk memberikan inovasi yang berbeda atau setidaknya mengikuti perkembangan yang sudah dilakukan kompititor lain dalam perangkat mobile.
No comments:
Post a Comment